Hari Blogger Nasional

Posted on

Hari ini (27/10) para blogger memperingati Hari Blogger Nasional. Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger tahun itu. Empat tahun kemudian, Pesta Blogger telah berubah menjadi event On Off Indonesia (OnOffID).

Jika awalnya Pesta Blogger hanya berfokus kepada pesta akbar pertemuan para blogger se-Indonesia, seiring jalannya waktu konsep tersebut mulai dikombinasikan dengan unsur bisnis. Sejak mengalami perubahan nama menjadi OnOffID, pesta blogger mulai menekankan pentingnya para blogger untuk bisa mengelola blog lebih serius, agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Bisa menjadi sumber penghasilan, memperluas jaringan pertemanan, dan lainnya. Blog tak lagi menjadi tempat curahan hati individu, tapi juga bisa menjadi tempat untuk membuka peluang bisnis di dunia nyata.

Secara global, blog adalah singkatan dari web log, yakni bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Media blogger pertama kali diperkenalkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab, yang kemudian diakuisisi Google pada tahun 2002. Sejak itu, banyak aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka, yang membantu para blogger mengembangkan blog yang dimiliki.

Blog menjadi semakin populer di Indonesia, ketika banyak orang yang kemudian menjadi terkenal hanya karena hobi menulis blog. Ambil contoh Raditya Dika. Karena menulis blog, Raditya Dika menjadi pemenang Indonesian Blog Award dan The Online Inspiring Awards 2009 oleh Indosat. Dari penghargaan tersebut, ia memberanikan diri mencetak isinya dan buku pertama terbit dengan judul Kambing Jantan. Buku ini merupakan catatan hariannya yang selama ini ditulis di blog kemudian dibukukan dan mendapat penjualan terbaik dalam skala nasional. Cerita dalam buku itu juga kemudian diangkat ke dalam film dengan judul yang sama dan dibintangi sendiri oleh Raditya Dika.

Kini, konsep blog di Indonesia juga mulai dikombinasikan dengan sosial media. Salah satu yang mulai mengembangkan sosial blog ini adalah Kompasiana. Kompasiana menjadi sarana jurnalisme warga, sekaligus wadah untuk menjalin jejaring sosial dengan sesama Kompasianer (sebutan untuk penulis di Kompasiana). Berbagai acara seperti blogshop, kompetisi blog, diskusi bulanan, kopdar (pertemuan di dunia nyata antar sesama Kompasianer) pun diadakan rutin. (disarikan dari kompas.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SILAKAN ISI *